Hosting : Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Jenis Hosting

Hosting : Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Jenis Hosting

Hosting : Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Jenis Dari Hosting

Pelajar Design - Bagi kalian yang ingin membangun atau membuat sebuah website, maka memilih web hosting terbaik adalah syarat yang harus kita penuhi. Karena kualitas website kita bergantung pada hosting yang kita pakai.

Mungkin bagi kalian yang memiliki budget sedikit atau pas-pasan akan memilih hosting murah yang dijual di web-web besar.

Tapi lumayan sulit untuk memilih hosting murah yang cocok untuk website yang kita, pasti kalian akan memilih situs atau web penyedia hosting yang murah, namun kualiatas hostingnya tidak murahan.

Karena kualitas website yang kita buat tergantung pada hosting yang kita pakai.

# Pengertian Hosting

Hosting merupakan sebuah layanan berbasis internet yang menyediakan sumber daya atau resource untuk disewakan sebagai media tempat penyimpanan data atau tempat menjalankan aplikasi atau website.

Hosting juga media untuk menyimpan data dalam berbagai bentuk, contohnya:
  • Tulisan
  • Gambar
  • Video
Hosting dapat diibaratkan seperti rumah kost yang disewakan kepada setiap orang yang ingin menyewanya. Jadi pemilik kost akan menyediakan kamar yang akan digunakan para penyewa, dan setiap kamar akan dikelola oleh orang yang berbeda. Tentu saja isi dari setiap kamar yang diisi oleh penyewa akan berbeda-beda.

# Perbedaan Hosting Dengan Web Server

Saat hendak mulai membuat blog, kamu perlu mengetahui istilah terkait website agar tak salah paham. Beberapa istilah seperti hosting dan server akan sering kamu dengar saat hendak membuat hingga mengelola website.

Hosting

Hosting : Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Jenis Dari Hosting

Hosting merupakan tempat atau media untuk mentimpan data yang ada di aplikasi atau website. Hosting ditempatkan dalam sebuah server, meski hosting dan server sama-sama berfungsi sebagai media untuk menyimpan data, namun bedanya hosting dengan server yaitu server mempunyai hardisk, RAM hingga prosessor. Dan ukurannya juga disesuaikan untuk disimpan di rack server.

ada beberapa jenis hosting yang dapat kalian pahami, yaitu:
  • Shared Hosting
  • Cloud Hosting
  • Managed Wordpress Hosting
  • Dedicated Hosting
  • VPS Hosting
Jadi hosting adalah tempat kalian untuk menyimpan data seperti dalam bentuk teks, video, audio, gambar, file dan lainnya.

Server

Hosting : Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Jenis Dari Hosting

Server adalah sebuah sistem dari komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Fungsi dari server adalah untuk menjalankan fungsi dari perangkat lunak yang mengontrol akses untuk masuk ke dalam jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya.

Secara garis besar, server akan bekerja ketika ada permintaan dari klien. Klien yang dimaksud adalah kamu saat mengakses internet melalui browser. Pasalnya, ketika kamu menggunakan internet, mau tak mau kamu juga mengakses website, entah google.com, bing.com, dan sebagainya. Setelah itu, server akan mengirimkan informasi ke perangkatmu sesuai apa yang kamu cari.

Baca Juga : 5 Handphone Dengan Kualitas Kamera Terbaik ( Cocok Untuk Photography)

# Fungsi Utama Dari Hosting

Sebelum kalian menyewa hosting sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu apa sih fungsi dari hosting tersebut. Dan berikut adalah beberapa fungsi hosting yang wajib kalian ketahui:

1. Tempat Penyimpanan Data

Hosting merupakan sebuah media online yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data atau file dari sebuah aplikasi atau website secara online.

2. Redireksi Alamat Atau Link Website

Selain menjadi media untuk menyimpan data dari aplikasi atau website, hosting juga berfungsi sebagai redireksi dari sebuah DNS.

3. Menjaga Aplikasi Atau Website Agar Tetap Online

Aplikasi atau website yang kalian buat pastinya harus tetap dalam keadaan online apalagi jika kalian membuat aplikasi atau website jual beli, karena komunikasi antara penjual dan pembeli harus baik. Bisa saja karena faktor aplikasi atau website yang offline barang yang kalian jual tidak akan laku terjual.

Baca Juga : Cara Membuat Halaman Word Counter Di Blogger

# Jenis Hosting

Bagi kalian yang baru pertama kali membeli jasa hosting maka akan kebingungan karena tidak tau harus memilih jenis hosting yang mana dan yang cocok untuk aplikasi atau website yang kalian buat. Dibawah sudah ada beberapa jenis dan pengertian dari jenis hosting tersebut, mari kita simak.

1. Shared Hosting

Hosting : Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Jenis Dari Hosting

Shared Hosting merupakan istilah yang digunakan untuk website yang memiliki layanan berbagi sumber daya dari server yang bensar. Banyak penyedia layanan yang menyediakan layanan hosting dengan harga yang murah, dari kisaran $1/bulan hingga $6/bulan. Karena harganya yang murah, maka banyak aplikasi atau website kecil yang menggunakan hosting ini.

2. Cloud Hosting

Hosting : Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Jenis Dari Hosting

Cloud Hosting merupakan jenis hosting teknologi terbaru yang mungkin belum dapat kamu temui pada penyedia layanan hosting.

Cloud hosting memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Shared Hosting, dan biaya yang dikenakan ada yang tergatung pada seberapa sumber daya yang kalian gunakan.

3. Managed Wordpress Hosting

Hosting : Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Jenis Dari Hosting

Managed WordPress Hosting adalah jenis hosting yang di bangun khusus untuk menjalankan website dengan platform WordPress.

keuntungan yang akan kamu dapatkan seperti berikut :
  • Update situs otomatis / WordPress.
  • Backup harian / mingguan otomatis.
  • Pengoptimalan kecepatan terpasang melalui jaringan caching dan CDN.
  • Mekanisme keamanan terintegrasi dioptimalkan untuk WordPress.
  • Optimasi database built-in untuk WordPress.
  • Optimalisasi skalabilitas (server mampu menangani lebih banyak lalu lintas jika perlu).
  • Pengaturan server dioptimalkan khusus untuk perangkat lunak WordPress.
  • Dukungan khusus dari ahli WordPress
Harga yang ditawarkan bisa setara dengan harga VPS Hosting.

4. Dedicated Hosting

Hosting : Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Jenis Dari Hosting

Dedicated hosting adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket web hosting yang menyediakan dedicated server dengan sumber daya yang didedikasikan untuk klien tunggal.

Kelebihan

  • Tidak perlu takut akan downtime
  • Kapasitas penyimpanan besar
  • Cocok untuk website dengan pengunjung dan data yang banyak

Kekurangan

  • Harus memiliki pengetahuan yang tinggi
  • Pengelolan server dilakukan sendiri
  • Biaya mahal (Minimal 1jt Per Bulan)

5. VPS Hosting

Hosting : Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Jenis Dari Hosting

VPS hosting merupakan singkatan untuk Virtual Private Server hosting.

VPS hosting dapat menjamin sumber daya yang tersedia untuk pengunanya dengan menggunakan teknologi virtualisasi.

Jika kamu pernah menggunakan program seperti Microsoft Virtual PC, VMWare Player, workstation, dll, maka kamu telah menggunakan konsep yang sama pada komputer kamu. Perangkat lunak tersebut memungkinkan kamu untuk melakukan hal yang sama pada komputer pribadi kamu dengan memungkinkan kamu untuk “hampir” menjalankan lingkungan sistem operasi lain di atas salah satu yang sudah diinstal.

Baca Juga : Cara Membuat Table Of Content Otomatis Pada Blogger

# Kelebihan Dan Kekurangan Hosting Murah

Berikut merupakan beberapa kekurangan dan kelebihan dari hosting murah.

Kelebihan
  • Kapasitas yang ditawarkan cukup besar
  • Tidak memerlukan biaya yang besar
  • Menguntungkan website baru
  • Memberi jasa penginstalan
Kekurangan
  • Sering terjadi ganguan server
  • Kemungkinan berbagi server dengan website lain
  • Layanan yang terbatas

Penutup

Jadi menurut penjelasan diatas adalah jangan memilih hosting yang berkualitas rendah, namun pilihlah hosting sesuai dengan keperluan dan pilih jenis hosting yang sesuai dengan budget yang kalian punya, jangan memaksakan ingin mempunyai website dengan kualitas yang kurang bagus.Sekian artikel saya kali ini, apabila ada kesalahan dalam informasi diatas, kalian bisa berkomentar dibawah atau hubungin kamu di halaman Contact Us. Terimakasih

You may like these posts