Shared Hosting : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan Dan Fungsi

Shared Hosting : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan Dan Fungsi


Pelajar Design - Ketika kalian mengetikkan kata kunci “hosting” di Google, Kalian akan menemukan banyak perusahaan yang menyediakan berbagai macam produk layanan hosting dengan spesifikasi yang berbeda. Ada yang menawarkan shared hosting. Ada yang menawarkan VPS hosting. Ada juga yang menawarkan cloud hosting.

Apakah Kalian sedang bingung memilih layanan hosting? Bingung dalam memilih layanan hosting yang tepat memanglah wajar. Sebab tersedia berbagai macam pilihan layanan hosting dengan berbagai fitur spesifikasi yang berbeda.

Disini kita akan memfokuskan pembahasan tentang Shared Hosting.

Pengertian Shared Hosting

Seperti penjelasan dari artikel kami yang berjudul Hosting : Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Jenis Hosting, Shared Hosting merupakan istilah yang digunakan untuk website yang memiliki layanan berbagi sumber daya dari server yang bensar. Banyak penyedia layanan yang menyediakan layanan hosting dengan harga yang murah, dari kisaran $1/bulan hingga $6/bulan. Karena harganya yang murah, maka banyak aplikasi atau website kecil yang menggunakan hosting ini.

Shared hosting adalah salah satu pilihan popular terutama bagi situs-situs yang baru, pada dasarnya jenis hosting ini bekerja untuk memberikan sumber daya server yang nantinya akan digunakan oleh beberapa situs web yang memiliki layanan sama. Penjelasan lebih luasnya lagi adalah bahwa shared hosting ini memberi layanan dengan account hosting yang diletakan bersama-sama beberapa account lainnya didalam satu server yang sama sehingga dalam kinerjanya akan memakai servis bersama.

Shared hosting adalah layanan hosting di mana sebuah  account hosting disimpan bersama-sama dengan beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan menggunakan semua layanan service bersama-sama. Manfaat dari shared hosting adalah harganya yang murah.

Kelebihan Shared Hosting

  • Harganya paling terjangkau diatara layanan hosting cloud, VPS atau dedicated server.
  • Pengelolaan sepenuhnya diserahkan kepada penyedia layanan hosting.
  • Pengunaan yang lebih mudah karena semua kebutuhan sudah tersedia dalam akun shared hosting.
  • Cocok untuk website atau blog skala kecil.
  • Control panel lebih mudah dan simple.

Kekurangan Shared Hosting

  • Akses sering lambat karena server down.
  • Resource server dibagi tidak rata setiap akun.
  • Banyak batasan penggunaan sumber daya yang ada.
  • Satu server berpotensi terkena gangguan jika ada salah satu akun yang bemasalah seperti overload atau terkena malware.
  • Tidak bisa install software sesuai yang diinginkan.
  • Keamanan kurang karena rentan terjadi penyalahgunaan akses dan fitur yang ada.

Fungsi Shared Hosting

Shared hosting merupakan jenis pilihan hosting yang paling murah. Shared hosting biasanya digunakan untuk pemula yang baru ingin mengonlinekan websitenya. Website yang biasanya menggunakan shared hosting yaitu blog, portofolio online, dan toko online kecil. Saya sendiri menggunakan shared hosting untuk belajar mengonlinekan website dan mulai membuat blog.

Penutup

Berikut penjelasan tentang Shared Hosting : Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangan, jadi bagaimana, apakah kalian sudah paham tentang Shared Hosting?. Jika kalian belum paham dengan penejelasan diatas silahkan cari atau baca-baca kembali artikel tentang Shared Hosting.

You may like these posts